Anasmapalasta's Blog

Warga Sinjai Banyak Jadi Korban Perdagangan Orang….

Senin, 26-10-09 | 18:53 | 115 View

SINJAI — Hasil penelusuran Indonesia-Malaysia Cross-Border Conter Trafficking Project 2008-2009, menyatakan warga Sinjai banyak yang menjadi korban perdagangan orang di Sabah, Malaysia. Hal ini dituturkan perwakilan LSM pendamping Indonesia-Malaysia Cross-Border, Suarni di kantor Bupati Sinjai, akhir pekan lalu.

“Hasil kunjungan kami ke Sabah, Malaysia beberapa waktu lalu menemukan banyak warga Sinjai ternyata menjadi korban perdagangan orang,” ujarnya. Hasil penelusurannya itu juga sejalan dengan hasil penelitian Pusat Studi HAM (Pus-HAM) Universitas Hasanuddin yang menempatkan Sinjai sebagai salah satu daerah asal atau pengiriman perdagangan orang dengan tujuan Malaysia.

“Secara detail kami tak mendata warga Sinjai yang menjadi korban perdagangan orang di Sabah. Kami lakukan survei dengan acak dan kenyataan yang kami temukan ada beberapa di antaranya merupakan warga asal Sinjai,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Kabag Kesra Pemkab Sinjai, Mas Ati yang dikonfirmasi, Minggu 25 Oktober menyatakan, berdasarkan fakta itu Bagian Kesra Pemkab Sinjai melalui sub bagian pemberdayaan perempuan menggelar lokakarya tentang trafficking.

“Hasil lokakarya tersebut disebutkan dua draf kebijakan berupa surat keputusan Bupati Sinjai tentang gugus tugas pencegahan dan penanggulangan tindak pidana perdagangan orang. Juga menghasilkan draf peraturan Bupati Sinjai tentang rencana aksi pencegahan dan penanggulangan tindak pidana perdagangan orang,” bebernya.

Pembuatan SK dan peraturan bupati tentang pencegahan perdagangan orang merupakan yang pertama di Sulsel. “Kebijakan terkait pencegahan perdagangan orang itu merupakan yang pertama dibuat di tingkat pemerintah kabupaten di Sulsel,” tambahnya.

Hal itu sebutnya, sebagai tindak lanjut dari UU No. 21/2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang dan Perpres No.69/2008 tentang pembentukan gugus tugas pencegahan dan penanganan tindak pidana perdanganan orang. (nto)

Filed under: umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Facebook

Photobucket

Info Pengunjung & Statistik

Blog Stats

  • 74,930 hits

Blog Directory

Status YM

Sponsor

Advertensi


Masukkan Code ini K1-3AE43D-D
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
WordPress for Business Bloggers
%d blogger menyukai ini: