Anasmapalasta's Blog

Baru tahu kenapa para anggota DPR gajinya puluhan juta perbulan….

Sebelumnya setiap kali baca atau denger rincian gaji para anggota DPR/DPD/DPRD rasanya merinding,miris,dan sedikit suudzon. Tp setelah saya pikir2 dan juga melihat hal2 yang terjadi pada para wakil rakyat itu,sekarang saya bisa sedikit menerima kenyataan ini. Jadi,sepanjang pengamatan dan penalaran saya selama ini, setelah melihat fakta2 yg terjadi di lapangan, setidaknya ada beberapa hal yang membuat gaji (sangat) besar itu cukup beralasan:

 

1. Otak dihargai lebih tinggi daripada otot
Sudah menjadi pemahaman umum bahwa otak dihargai lebih tinggi daripada otot. DPR/DPD/DPRD sebagai lembaga legislatif tentu bertugas membuat kebijakan dan peraturan bagi segala aspek kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara. Membuat peraturan yang menyangkut hajat hidup orang banyak tentu bukan perkara yang mudah. Diperlukan pengetahuan, wawasan, kepekaan, dan pertimbangan guna mengakomodasi keinginan semua pihak. Jadi,seorang anggota DPR yang baik, yang benar2 dipilih rakyat karena kapabilitas dan kredibilitasnya, saya yakin dia orang “terpilih” yang berhak mendapat reward berupa gaji tinggi.

2. Godaan Korupsi
Sebagai pembuat kebijakan, tentunya akan banyak godaan yang mendatangi mereka. Terlebih mana kala kebijakan tersebut berpotensi menguntungkan atau sebaliknya merugikan sejumlah pihak. Pihak2 yang berkepentingan inilah yang akan menjadi penggoda “keimanan” para anggota DPR kita. Tentu sudah kita pahami bersama bahawa korupsi yang terjadi di negeri kita tentu terjadi karena ada pihak yang ingin meraup keuntungan sebesar2nya, yang dapat terwujud mana kala apa payung yang “melegalkan” aktivitas mereka itu, dan para wakil rakyat inilah yang akan membuat payung tsb. Bisa kita bayangkan jikalau gaji mereka kecil, katakanlah di bawah 5 juta, sementara mereka harus dihadapkan dengan pembuatan kebijakan yang bersinggungan dengan proyek2 besar bernilai milyaran rupiah,siapa yang tidak ngiler manakala dia disuguhi uang 10 juta atau bahkan ratusan juta. Jadi, mereka diberi gaji tinggi,dengan harapan tidak akan tergiur dengan iming2 uang sogokan itu.

3. Pertaruhan Jiwa dan Raga
Seorang anggota DPR yang baik akan senantiasa membuat peraturan dan kebijakan yang melindungi hak semua orang tanpa pilih kasih. Namun terkadang, sudah menjadi hal yang wajar ketika ada segelintir orang yang ingin mendapatkan hak lebih walaupun dengan “memakan” yang bukan haknya, alias “memakan” hak orang lain. Ketika hal ini terjadi, bukan tidak mungkin keamanan jiwa dan raga seorang pembuat kebijakan akan terancam mana kala kebijakan yang akan dibuat “menghalangi” ambisi tersebut. Jadi,cukup beralasan jika mereka diberi gaji tinggi untuk memberikan kontraprestasi pada tanggung jawab dan resiko yang mereka tanggung dalam menjalani profesi mereka.

Tapi perlu digaris bawahi bahwa ketiga alasan diatas hanya berlaku buat mereka, para wakil rakyat, yang amanah, kredibel dan kapabel. Tapi bagi ” mereka yang tidur waktu sidang soal rakyat,” mending ke laut aja!!!

Filed under: umum,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Facebook

Photobucket

Info Pengunjung & Statistik

Blog Stats

  • 74,930 hits

Blog Directory

Status YM

Sponsor

Advertensi


Masukkan Code ini K1-3AE43D-D
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
WordPress for Business Bloggers
%d blogger menyukai ini: