Anasmapalasta's Blog

Tips Membuat Kalender Dari Koleksi Foto.

Menjelang akhir tahun, kalender menjadi barang yang dicari orang. Sebetulnya Anda pun bisa membuat kalender sendiri. Caranya mudah, apalagi Anda juga bisa membuat kalender dari koleksi foto keluarga Anda. Hasilnya dijamin memuaskan.

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam membuat kalender pribadi dari koleksi foto :

Pertama Anda harus menyiapkan komputer yang telah terinstal aplikasi pembuat kalender gratisan, printer warna, dan kertas sebagai media cetaknya. Aplikasi gratisan yang digunakan di sini adalah TKexe Fotokalender. Software ini bisa diunduh dari situs web http://www.tkexe.de.
1. Unduh dulu installer file aplikasi kalender di atas, selanjutnya instal-lah ke PC Anda. Aplikasi ini mensyaratkan sistem Windows NT/2000/XP/Vista, ruang hard disk 25MB, dan driver printer. Jika sudah, jalankan aplikasi dari menu Start.

2. Lalu klik “Create new file” pada jendela aplikasi yang muncul. Tentukan folder penyimpanan kalender yang akan Anda buat, beri nama, dan klik “Save”.

3. Selanjutnya Anda akan diminta memilih template kalender yang Anda inginkan.

4. Pada poin ini Anda sudah mulai mendesain kalender Anda sendiri. Pilih opsi “Print on local printer” untuk mencetak kalender dengan printer sendiri. Tentukan ukuran kertas yang dipakai dengan mengklik opsi “Match print size to paper size”, lalu klik “Recommended sizes” untuk memilih ukuran kertas yang dipakai. Lalu klik “Next”.

5. Selanjutnya Anda akan menentukan bulan dan tahun yang hendak dibuat pada kalender. Klik “Next “ lalu pilih model template desain. Pilih yang Anda sukai. Jika sudah dapat, klik “Use selected template”. Tunggu beberapa saat hingga muncul window bahwa desain kalender sedang diolah oleh aplikasi.

6. Bersamaan dengan itu, muncul sebuah boks dialog untuk mencari foto dari hard drive Anda. Cari dan pilih foto yang hendak digunakan di kalender. Anda bisa lihat tampilan foto di sisi bawah boks. Setelah foto dipilih, klik dan drag foto ke arah kalender.

7. Penyesuaian besar kecilnya foto bisa dilakukan dengan dengan menarik sisi samping atau bawah gambar. Hal itu bisa Anda lakukan juga untuk komponen kalender yang lain, misalnya font, warna background, dan sebagainya.
8. Setelah kalender selesai didesain, kita bisa print dengan Klik “File” lalu “Print”. Pilih halaman bulan apa saja yang hendak dicetak dari boks “Print”. Klik angka bulan, lalu Lanjutkan dengan memilih nama printer dan klik “Print”. Pencetakan dilakukan satu persatu, sehingga lembaran bulan dan tanggal komplit.

9. Setelah semua selesai dicetak, Anda tinggal menggabungkan lembaran kalender menggunakan klip spiral atau distaples. Kalender pribadi Anda pun selesai.

Selamat mencoba…

Filed under: umum,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Facebook

Photobucket

Info Pengunjung & Statistik

Blog Stats

  • 74,930 hits

Blog Directory

Status YM

Sponsor

Advertensi


Masukkan Code ini K1-3AE43D-D
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
WordPress for Business Bloggers
%d blogger menyukai ini: